LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Pengaruh Jenis
Larutan Terhadap Titik Didih
1. Tujuan Percobaan
Menjelaskan pengaruh jenis larutan terhadap titik
didihnya.
2. Alat dan Bahan
Alat dan Bahan
|
Ukuran / Satuan
|
Jumlah
|
Gelas kimia
Thermometer
Pengaduk kaca
Sendok makan
Garam dapur
Air suling
Kasa dan kaki tiga
Stopwatch
Pembakar Spiritus
Gula
|
100 ml
-10 0C –
100 0C
-
-
-
-
-
-
-
-
|
12
1
1
1
secukupnya
-
1
1
1
secukupnya
|
3. Cara Kerja
Kegiatan A
1.
Siapkan tiga buah gelas kimia 100 ml dan isilah
masing-masing dengan 50 mL air suling.
2.
Dua dari tiga gelas tadi tambahkan masing-masing dengan
3,42 gram gula dan 0,585 gram garam dapur.
3. Panaskan ketiga larutan tersebut dan
catatlah perubahan suhu yang terjadi setiap selang waktu
0,5 menit.
Hasil Pengamatan
Gelas
Kimia
|
Zat
yang dipanaskan
|
Suhu (◦C) tiap
0,5 menit
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
1
|
Air
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Larutan
Gula
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Larutan
Garam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pertanyaan
1. Jelaskan
manakah yang merupakan variabel dari percobaan di atas
variabel
manipulasi :
variabel control :
variabel respons :
2. Tuliskan
kesimpulan yang dapat diambil dari percobaan di atas
Kegiatan B
- Siapkan gelas kimia 100 mL sebanyak 8 buah ( beri
identitas 1a,2a,3a,dan 4a serta 1b,2b,3b, dan 4b). Isilah masing-masing
dengan akuades sebanyak 50 mL.
- Panaskan sebuah gelas kimia lain yang diisi 50 mL
akuades hingga mendidih dan catat suhunya.
- Tambahkan gula ke dalam gelas kimia 1a,2a,3a dan
4a, masing-masing sebanyak 3,42 gram;6,84 gram;10,26 gram; dan 13,68 gram.
Sedangkan ke dalam gelas kimia 1b,2b,3b dan 4b , masing-masing ditambahkan
garam dapur sebanyak 0,585 gram ;1,17 gram;1,755 gram dan 2,34 gram.
Aduklah hingga melarut.
- Panaskan tiap-tiap gelas kimia tersebut hingga
larutan mendidih dan catat hasil pengamatanmu.
Hasil Pengamatan
Gelas kimia
|
Massa gula
(gram)
|
Suhu
larutan (◦C)
|
1a
|
3,42
|
……………………
|
2a
|
6,84
|
……………………
|
3a
|
10,26
|
……………………
|
4a
|
13,68
|
……………………
|
Gelas kimia
|
Massa
garam (gram)
|
Suhu
larutan (◦C)
|
1b
|
0,585
|
……………………
|
2b
|
1,170
|
……………………
|
3b
|
1,755
|
……………………
|
4b
|
2,340
|
……………………
|
Titik didih air = ……..◦C
Pertanyaan
1. Tentukan
kemolalan setiap larutan , kemudian berdasarkan table diatas, buatlah grafik
hubungan suhu larutan terhadap konsentrasi gula (mol l-1)
2. Berdasarkan
table diatas, buatlah grafik hubungan suhu larutan terhadap konsentrasi garam.
3. Berdasarkan
pengamatanmu mengenai pengaruh penambahan gula dan garam terhadap kenaikan suhu
larutan, berikan tanda silang (X) pada pernyataan berikut yang benar.
a.
Semakin banyak zat yang ditambahkan dengan volume air
yang sama, semakin tinggi titik didihnya.
b.
Semakin banyak zat yang ditambahkan dengan volume air
yang sama, semakin rendah titik didihnya.
c.
Penambahan jumlah zat dengan volume air yang tetap
tidak memengaruhi kenaikan titik didih.
4. Perhatikan
pernyataan berikut, berikan tanda silang (X) pada pernyataan yang benar.
Dengan konsentrasi
yang sama, maka:
a.
Senyawa elektrolit (garam dapur) memiliki titik didih
yang lebih tinggi daripada senyawa nonelektrolit (gula)
b.
Senyawa elektrolit (garam dapur) memiliki titik didih
yang lebih rendah daripada senyawa nonelektrolit (gula)
5. Mengapa
pada konsentrasi yang sama ternyata larutan elektrolit mempunyai titik didih
yang lebih tinggi daripada larutan nonelektrolit?
LKS Praktikum Sifat Koligatif : Penurunan Titik Beku Larutan dapat dibaca di
SINI