RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun,responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
1.1.Menyadari adanya keteraturandalam
sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur,
senyawamakromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang
adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
2. 1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif)
dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam
sikap sehari-hari.
2. 2. Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli
lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2. 3. Menunjukkan perilaku responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud
kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3.3. Mengevaluasi
gejala atau proses yang terjadi dalam contoh sel elektrokimia (sel volta dan
sel elektrolisis) yang digunakan dalam kehidupan.
4.3.Menciptakan ide/gagasan produk sel elektrokimia.
C. Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.
Menunjukan
rasa syukur terhadap kebesaran Tuhan YME atas adanya
keteraturan dalam reaksi redoks sehingga terciptanya berbagai produk untuk
kehidupan sehari-hari
2.
Menunjukkan
perilaku rasa ingin tahu, disiplin, teliti,
bertanggung jawab, kritis, kreatif, komunikatif dalam merancang dan melakukan percobaan sel
elektrolisis dan penyepuhan logam
3.
Bekerja
sama dalam melakukan praktikum dan diskusi, membuang limbah praktikum pada
tempatnya dan menggunakan bahan-bahan praktikum secukupnya
4.
Proaktif
dalam kegiatan diskusi untuk memecahkan masalah dalam sel
elektrolisis dan penyepuhan logam
5.
Menjelaskan prinsip sel elektrolisis
6.
Membedakan reaksi redoks pada larutan
dan lelehan berdasarkan data percobaan sel
elektrolisisdengan elektroda inert
7.
Menjelaskan reaksi redoks pada sel
elektrolisis larutan dengan elektroda tidak
inert berdasarkan data percobaan
8.
Menganalisis reaksi redoks yang terjadi pada proses penyepuhan logam,
pemurnian logam dan pembuatan senyawa
9.
Memberikan
contoh produk industri hasil proses
elektrolisis
10.
Merancang perangkat sel elektrolisis untuk proses penyepuhan
11.
Merancang kegiatan praktik
penyepuhan logam
12.
Melakukan
penyepuhan benda-benda dari logam sesuai rancangan
13.
Membuat laporan tugas proyek
penyepuhan logam
D.
Materi Pembelajaran
1.
Prinsip sel elektrolisis
Elektrolisis artinya penguraian
suatu zat akibat arus listrik. Zat yangterurai dapat berupa padatan, cairan,
atau larutan. Arus listrik yangdigunakan adalah arus searah. Tempat
berlangsungnya reaksi reduksi dan oksidasi dalam selelektrolisis sama seperti
pada sel volta, yaitu anoda (reaksi oksidasi) dan katoda (reaksi reduksi).
Perbedaan sel elektrolisis dan sel volta terletakpada kutub elektroda. Pada
sel volta, anoda (–) dan katoda (+), sedangkanpada sel elektrolisis
sebaliknya, anoda(+) dan katoda(–). Pada sel elektrolisis anode dihubungkan
dengan kutub positif sumber energi listrik, sedangkan katoda dihubungkan
dengan kutub negatif.
2.
Reaksi redoks pada sel elektrolisis
Reaksi pada sel elektrolisis
yang dibahas meliputi:
-
Reaksi redoks dalam elektrolisis
larutan dengan elektroda inert
-
Reaksi redoks dalam elektrolisis
lelehan dengan elektroda inert
-
Reaksi redoks dalam elektrolisis
larutan dengan elektroda tidak inert
Contoh reaksi redoks
dalam elektrolisis larutan NaCl
3.
Kegunaan elektrolisis
Elektrolisis
banyak dilakukan pada industriseperti
pada elektroplating atau penyepuhan logam, pemurnian logam
dan pembuatan senyawa
-
Penyepuhan (electroplating)
adalah suatu metode elektrolisis
untuk melapisi permukaan logam oleh logam lain yang lebih stabil terhadap
cuaca atau untuk menambah keindahannya. Contohnya, besi dilapisi nikel
agar tahan karat, tembaga dilapisi perak atau emas agar lebih bernilai
- Pemurnian logam melalui elektrolisis
dilakukan untuk memurnikan logam dari campurannya, misalnya pemurnian logam
tembaga
- Pembuatan senyawa kimia melalui
elektrolisis dilakukan untuk memperoleh senyawa atau unsur murni untuk
keperluan laboratorium. Contohnya pembuatan NaOH dari elektrolisis larutan
NaCI, pembuatan unsur F2 dengan elektrolisis larutan HF dalam Kfcair
4.
Praktik elektolisis larutan dan
penyepuhan
Praktik elektrolisis Na2SO41 M, Larutan KI 1 M, Larutan CuSO4 1
M dengn elektroda
inert atau elektroda tidak inert
Merancang kegiatan praktik
penyepuhan, merancang
perangkat penyepuhan logam dan merancang laporan tugas proyek
Praktik penyepuhan logam sesuai dengan prinsip
reaksi redoksnya
E.
Kegiatan Pembelajaran
2.
Pertemuan kedua dan ketiga: 3 jam pelajaran
F.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik penilaian :
2.
Instrumen penilaian
a. Pertemuan
Pertama:
-
Penilaian Sikap: Lembar observasi sikap pada saat praktik
“ Reaksi redoks pada sel elektrolisis”
-
Penilaian Pengetahuan: Soal pilihan ganda, uraian dan tugas materi Prinsip sel elekrolisis dan Reaksi
redoks pada sel elektrolisis
-
Penilaian Keterampilan: Lembar pengamatan
keterampilan pada saat praktik “
Reaksi redoks pada sel elektrolisis”
b.
Pertemuan Kedua :
- Penilaian Sikap : Lembar observasi
diskusi merancang tugas proyek Praktik Penyepuhan logam
- Penilaian
Pengetahuan: Soal pilihan ganda, uraian materi kegunaan sel elektrolisis
- Penilaian Ketrampilan
: Format Penilaian
tugas proyek dan format penilaian portofolio Laporan proyek.
3.
Pembelajaran Remedial :
Pembelajaran remedial dilaksanakan segera setelah diadakan
penilaian bagi peserta didik yang
mendapat nilai di
bawah 2,67.
Strategi
pembelajaran remedial dilaksanakan dengan pembelajaran remedial, penugasan dan tutor sebaya berdasarkan indikator pembelajaran yang belum dicapai oleh masing-masing
peserta didik.
4.
Pengayaan
:
Peserta didik yang
mendapat nilai diatas 2,67 diberikan tugas
mengkaji materi penerapan elektrolisis dalam kehidupan sehari-hari dan atau
soal-soal higherordered thinking.
5. Kunci
dan Pedoman Penskoran ( pada lampiran)
G.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/Alat
: Alat
praktikum sesuai yang tercantum pada LKS
2. Bahan : Bahan praktikum sesuai
yang tercantum pada LKS
3.
Sumber Belajar : Buku
kimia kelas XII Kurikulum 2013, Buku Kimia kelas XII BSE, Bahan bacaan
yang relevan dari internet
|
Lampiran
1: Instrumen Penilaian
A.
Instrumen Penilaian Sikap
1.
Lembar Observasi Sikap
a. Sikap pada kegiatan
Praktikum
Lembar Penilaian pada Kegiatan
Praktikum
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas/Semester: XII/1
Topik: Sel
elektrolisis
Judul Praktikum: Reaksi redoks pada sel elektrolisis
Indikator:
Peserta didikmenunjukkan perilaku ilmiah
disiplin, tanggung jawab,
kerjasama, teliti kreatif dan peduli
lingkungan dalam melakukan percobaan kimia
|
Rubrik Penilaian
|
Nilai observasi pada saat praktikum
|
Skor 4 = sangat baik
Skor 3 = baik
Skor 2 = cukup
Skor 1 = kurang
|
b. Sikap pada saat Diskusi
Lembar Penilaian pada
Kegiatan Diskusi
Mata Pelajaran:
Kimia
Kelas/Semester:
XII / 1
Topik : Sel elektrolisis
Kegiatan Diskusi: Merancang tugas proyek praktik
penyepuhan logam
Indikator :
Peserta didik menunjukkan
perilaku kerjasama, rasa ingin tahu,
santun, dan komunikatif sebagai wujud
kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
.
|
Rubrik Penilaian
|
Nilai observasi pada saat diskusi
|
Skor 4 = sangat baik
Skor
3 = baik
Skor
2 = cukup
Skor
1 = kurang
|
2.
Lembar Penilaian Diri
a.
Penilaian diri
setelah peserta didik belajar Sel elektrolisis
Penilaian Diri
Setelah
mempelajari materi Sel
elektrolisis, Anda dapat melakukan penilaian diri dengan cara memberikan
tanda Vpada kolom yang tersedia sesuai
dengan kemampuan.
|
b.
Penilaian diri setelah
melaksanakan tugas proyek Praktik Penyepuhan Logam.
Penilaian
Diri
Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V
pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.
|
Rubrik Penilaian
|
Nilai
|
Jika menjawab Ya, Skor= 2
Jika menjawab Tidak, Skor= 1
|
3.
Format penilaian
antar peserta didik
Penilaian antar Peserta
Didik
-
Amati perilaku temanmu dengan
cermat selamat mengikuti pembelajaran
Kimia
-
Berikan tanda v pada kolom yang
disediakan berdasarkan hasil pengamatannu.
|
4.
Format Jurnal
|
B. Instrumen Penilaian
Pengetahuan
a.
Soal Pilihan Ganda .
Soal Pilihan Ganda
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
Elektrolisis merupakan
penguraian suatu zat akibat
arus listrik. Diantara pernyataan berikut yang berlaku pada sel elektrolisis adalah....
A.
oksidasi terjadi pada katoda
B.
anoda bermuatan negatif
C.
migrasi kation menuju elektrode positif
D.
elektrode positip
dinamakan katoda
E.
reduksi berlangsung di katoda
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.
Perhatikan gambar
percobaan elektrolisis larutan natrium klorida dengan elektroda karbon.
A. pada bagian A
terdapat gelembung gas, larutan
berubah menjadi berwarna merah
B. pada bagian B
terdapat gelembung gas, larutan berubah men jadi berwarna merah
C.
pada bagian B terdapat gelembung gas dan larutan
berubah jadi merah kemudian menjadi tidak berwarna
D. pada bagian A tidak
terdapat gelembung gas, larutan
berubah dari hijau menjadi berwarna biru
E.
pada bagian B tidak terdapat gelembung gasdan
larutan berubah jadi merah kemudian menjadi tidak berwarna
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.
eaksi yang terjadi pada katode dari
elektrolisis larutan Na2SO4 adalah ….
A. Na+ (aq) + e –
B.2H2O (aq) +
2e–
C.2H+ (aq) + 2e–
D.
SO42- (aq) + 2e–
E. 4OH-
(aq)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.
Pada elektrolisis
lelehan NaCl 1 M
dihasilkan ....
A.
Gas
Hidrogen pada anoda
B.
Gas Klorin
pada katoda
C.
Senyawa NaOH
pada anoda
D.
Ion OH
– pada anoda
E.
Senyawa
NaOH pada katoda
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
5.
Percobaan elektrolisis
larutan dilakukan siswa langsung
pada kertas lakmus yang dibasahi oleh
larutan garam dapur pekat seperti pada
gambar dibawah ini
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
6.
Pada elektrolisis larutan KI 1 M dengan
elektroda karbon reaksi yang terjadi
di kutub anoda adalah ....
A.
2 H2O (l)à 4H+(aq) +
O2(g) + 4 e –
B.
2 H2O
(l)
+ 2 e –à
2 OH – (aq) + H2(g)
C.
K+(aq )
+ e – à K (s)
D.
2 I – (aq)à
I2 (s) + 2 e
E. 2 H+(aq) + 2 e – à H2(g)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
7.
Temanmu
melakukan elektrolisis larutan
CuSO4 0,5 M, dia menggunakan elektroda Pt sebagai katode dan elektrode Fe sebagai
anode. Catatan pengamatan temanmuyang
benar adalah....
A.
gas H2 di katode dan anode Fe larut
B.
endapan Cu di katode dan gas O2 di anode
C.
gas H2 di katode dan gas O2 di anode
D.
endapan Cu di katode dan anode Fe larut
E.
endapan Fe di katode dan anode Fe larut
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
8.
Sekelompok siswa mempelajari berbagai data reaksi elektrolisis berbagai senyawa.
Senyawa yang menghasilkan gas Hidrogen di
anodaadalah....
A.
NaH (l)
B.
Na2SO4 (aq)
C.
NaCl (l)
D.
HCl (aq)
E.
K2SO4 (aq)
|
b.
Soal Uraian
Soal Uraian
|
||
Jawablah dengan singkat
dan jelas
1. Uraikan langkah-langkah melakukan elektrolisis larutan Na2SO4
menggunakan indikator universal dan tuliskan hasil pengamatannya !
2. Tuliskan reaksi
elektrolisis pada elektrolisis larutan NaCl dengan lelehan NaCl apa perbedaannya?
3.
Pemurnian
logam tembaga dilakukan proses
elektrolisis larutan CuSO4 dengan elektroda tembaga, tembaga murni
sebagai elektroda katoda, tembaga tidak murni digunakan sebagai anoda. Tuliskan reaksi pada masing-masing elektroda?
4.
Gambarkanlah bagan sel elektrolisis untuk menyepuh benda dari besi
dengan tembaga ,
jelaskan prosesnya?
5.
Sebutkan 4 contoh
produk industri hasil proses elektolisis ?
|
Kunci Jawaban
Soal Pilihan Ganda:
No
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
Jawaban
|
E
|
C
|
B
|
E
|
C
|
D
|
D
|
A
|
Bobot soal masing-masing 1
Soal Uraian
No
|
Jawaban Soal
|
Skor
|
||
1.
|
Siapkan rangkaian sel
elektrolisis larutan Na2SO4 0,1 M
Pada mulut tabung U
diteteskan 2 tetes larutan indikator universal. Selanjutnya diberikan arus listrik pada elektrode kurang lebih selama 2 menit. Mengamati gejala yang terjadi dan
perubahan warna indikator pada
elektroda (-) katoda dan elektroda
( + ) anoda
Hasil pengamatan:
Di anoda terjadi gelembung gas dan
indikator berubah menjadi berwarna merah
Di katoda terjadi gelembung gas dan indikator
berubah menjadi berwarna biru
|
10
10
|
||
2
|
Pada elektrolisis larutan
NaCl dihasilkan larutan NaOH, gas H2 dan Cl2 ,
Reaksi yang terjadi
Pada
elektrolisis lelehan NaCl dihasilkan
larutan Na dan Cl2
|
10
10
|
||
3
|
Reaksi yang
terjadi pada pemurnian logam tembaga
|
10
|
||
4
|
Menyiapkan alat seperti pada gambar.
|
20
|
||
5
|
Perhiasan dari tembaga dilapisi emas
seperti cincin dan gelang, pelapisan besi oleh krom, pemurnian aluminium dari
bijih bauxit Pembuatan logam natrium
|
10
|
||
Jumlah
|
80
|
C.
Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan
Instrumen
Penilaian Praktik
Topik : Sel elektrolisis
KI: Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KD:
4.3. Menciptakan ide/gagasan produk sel elektrokimia.
Indikator : Merangkai alat
percobaan elektrolisis dan melakukan percobaan penyepuhan
Lembar Pengamatan
Topik: ...............................
Kelas: ................................
|
Rubrik
No
|
Keterampilan yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
1
|
Persiapan Percobaan(Menyiapkan alat Bahan)
|
30
|
-
Alat-alat
sudah tersedia, tertata rapih sesuai dengan keperluannya
-
Bahan-bahan/larutan
untuk percobaan sudah disiapkan di meja praktikum
-
Lembar
kegiatan praktikum tersedia
-
Menggunakan
jas laboratorium
|
20
|
Ada 3 aspek yang terpenuhi
|
||
10
|
Ada 2 aspek yang terpenuhi
|
||
2
|
Pelaksanaan Percobaan
|
30
|
-
Memasang
tabung U pada statif dengan sempurna
-
Membersihkan
elektroda sebelum digunakan
-
Meletakan
elektroda diletakkan pada
kutub yang tepat
-
Mencelupkan
elektroda dengan kedalaman yang sama
-
Mengisi larutan pada tabung U secukupnya
-
Memberikan
arus sesuai aturan pada percobaan elektrolisis
|
20
|
Ada 4 aspek yang tersedia
|
||
10
|
Ada 2 aspek tang tersedia
|
||
3
|
Kegiatan
akhir praktikum
|
30
|
-
Membuang
larutan atau sampah ketempatnya
-
Membersihkan
alat dengan baik
-
Membersihkan
meja praktikum
-
Mengembalikan
alat ke tempat semula
|
20
|
Ada 3 aspek yang tersedia
|
||
10
|
Ada 2 aspek tang tersedia
|
Instrumen Penilaian Proyek
|
Lampiran 2: LKS
ELEKTROLISIS LARUTAN
I.
Pendahuluan
Elektrolisis
berarti penguraian suatu zat akibat arus listrik.
Zat-zat yang terbentuk
dapat diketahui dari
perubahan-perubahan yang terjadi dengan bantuan indikator. Dalam percobaan ini
kalian dapat menyelidiki zat-zat hasil elektrolisis larutan Na2SO4 dan
larutan KI dengan elektroda karbon dan larutan CuSO4dengan elektroda
inert dan tidak inert. Kalian juga dapat
berlatih mengamati, merangkai alat, memprediksi, mengolah data
dan menyimpulkan
II.
Alat dan Bahan
Alat :
|
Bahan :
|
|
-
Tabung U
-
Elektrode
C, Fedan Cu
-
Catu daya atau Batu Batere 4 buah
-
Statif,
klem boshead
-
Pipet
tetes
-
Kabel & penjepit buaya
|
3 buah
3 buah
1 buah1 set
3 buah
3 set
|
-
Larutan Na2SO41 M
-
Larutan
KI 1 M
-
Larutan CuSO41 M
-
Larutan
Indikator Universal atau indikator alam
-
Larutan Indikator Fenolftalein
-
Larutan Amilum 1 %
|
III.
Cara Kerja dan Pengamatan
Pasang alat
elektrolisis seperti terlihat pada gambar. Selanjutnya lakukan percobaan sesuai langah-langkah kegiatannya
|
A.
Elektrolisis
larutan Na2SO4
Langkah-langkah Kegiatan
|
Pengamatan
|
|||||||||
1.
Isi tabung U dengan larutan Na2SO41 M hingga ¾ volume tabung. Amati warna
larutannya !
2.
Masukkan elektroda karbón pada masing-masing mulut
tabung U dan teteskan 2 tetes larutan indikator universal. Amati warna yang terjadi!
3.
Berikan
sumber arus listrik pada elektrode tunggu kurang lebih selama 2 menit.
Amati gejala yang terjadi dan perubahan warna indikator pada elektroda (-) katoda dan
elektroda ( + ) anoda !
|
Warna larutan Na2SO4 :
…………………….............................
Di Katode ( - ) :
...........................................................
Di Anode (+) :
...........................................................
|
B.
Elektrolisis Larutan KI
Langkah-langkah Kegiatan
|
Pengamatan
|
|||||||||
1.
Isi tabung U dengan larutan KI
1 M hingga ¾ volume tabung.
2.
Celupkan
kedua elektroda karbon ke dalam masing-masing
tabung U dan hubungkan elektroda itu
dengan sumber arus listrik selama kira-kira 2 menit. Catat perubahan yang terjadi pada tiap-tiap elektroda !
|
Warna Larutan KI :
......................................................
Di Katode ( - ) : ...........................................................
Di Anode (+) :
..........................................................
|
|||||||||
3.
Pipet
larutan dari katode dan anoda ke
pelat tetes, kemudian
uji masing-masing dengan
fenolftalein
4.
Ulangi
langkah no. 3 uji dengan larutan amilum. Amati dan catat apa yang terjadi !
|
|
C.
Elektrolisis Larutan CuSO4
Langkah-langkah Kegiatan
|
Pengamatan
|
||||||
1.
Isi tabung U dengan larutan CuSO41 M hingga ¾ volume tabung. Amati warna
larutannya !
2.
Masukkan elektroda tembagadan besi pada masing-masing mulut
tabung U. Amati warna yang terjadi!
3.
Hubungkan elektroda Cu ke
kutub negatif, dan ke kutub positif. Berikan sumber arus listrik pada elektroda, tunggu kurang lebih selama 5 menit.Amati gejala yang terjadi pada elektroda (-) katodadan
elektroda (+) anoda !
|
Warna larutan CuSO4 :
…………………….............................
Di Katode (-) : ................................................
Di Anode (+) :
...................................................
|
D.
Elektrolisis Larutan CuSO4
Langkah-langkah Kegiatan
|
Pengamatan
|
||||||||||||
1. Isi
tabung U dengan larutan CuSO4 1 M
hingga ¾ volume tabung. Amati warna larutannya !
2.
Masukkan elektroda tembagadan besi pada masing-masing mulut
tabung U. Amati warna yang terjadi!
3.
Hubungkan elektroda Cu ke
kutub negatif, elektroda Fe ke kutub positif. Berikan sumber arus listrik pada elektrode tunggu kurang lebih selama 5 menit.Amati gejala yang terjadi dan perubahan warna indikator pada elektroda (-) katoda dan
elektroda (+) anoda!
4.
Kerjakan kegiatan seperti nomor 3 dengan menghubungkan elektroda Cu ke kutub
positif dan elektroda Fe ke kutub negatif. Catat hasil pengamatanmu!
|
Warna larutan CuSO4 :
…………………….............................
Di Katode (-) : ................................................
Di Anode (+) :
...................................................
Warna larutan CuSO4 :
…………………….............................
Di Katode (-) :
................................................
Di Anode (+) :
...................................................
|
IV.
Pertanyaan
- Untuk elektrolisis larutan Na2SO4
:
a.
Berdasarkan gejala yang terjadi dan perubahan warna
indikator di katoda dan anoda, kesimpulan apa yang didapat dari elektrolisis
larutan ini?
b.
Tuliskan reaksi redoks yang terjadi pada kedua
elektrode tersebut!
- Untuk elektrolisis larutan KI :
a.
Berdasarkan gejala yang terjadi dan perubahan warna
indikator di katoda dan anoda, kesimpulan apa yang didapat
dari elektrolisis larutan ini?
b.
Tuliskan reaksi
redoks yang terjadi pada kedua elektroda tersebut!
- Untuk elektrolisis larutan CuSO4dengan elektrode tembaga:
a.
Berdasarkan gejala yang terjadi di katoda dan anoda,
kesimpulan apa yang didapat dari
elektrolisis larutan ini?
b.
Tuliskan reaksi
redoks yang terjadi pada kedua elektroda tersebut!
- Untuk elektrolisis larutan CuSO4dengan elektroda Cu dan Fe:
a.
Berdasarkan gejala yang terjadi di katoda dan anoda,
kesimpulan apa yang didapat dari
elektrolisis larutan ini?
b.
Tuliskan reaksi
redoks yang terjadi pada kedua elektroda tersebut!
Contoh RPP ini saya kutip dari Modul Diklat Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Sasaram Kimia SMA Tahun 2015
No comments:
Post a Comment